Tanggung Jawab Sosial

Tanggung Jawab Sosial
PELATIHAN HIDROPONIK WARGA Tahap ke 2 Di PABRIK PT. OTSUKA INDONESIA
Lawang Jawa Timur, 30 August 2017

PELATIHAN HIDROPONIK WARGA Tahap ke 2
Di PABRIK PT. OTSUKA INDONESIA


Upaya nyata PT. Otsuka Indonesia (PT.OI) untuk pemberdayaan masyarakat di sekitar pabrik Lawang dapat diwujudkan dengan pelaksanaan program CSR melalui pelatihan hidroponik untuk  mereka. Pelatihan hidroponik tahap 2 ini diikuti oleh 60 orang peserta dengan perincian 35 peserta berasal dari wilayah RW 04 dan RW 15 Kelurahan Kalirejo Lawang. Sedangkan sisanya 25 orang peserta berasal dari karyawan yang akan purna tugas dan masyarakat umum.

Tujuan dari pelatihan hidroponik tahap 2 ini adalah untuk melanjutkan program pelatihan yang sama tahun 2016 yaitu untuk memberikan ketrampilan kepada masyarakat agar bisa menanam sayuran secara hidroponik di rumah mereka. Sehingga diharapkan nantinya, masyarakat dapat mengkonsumsi sayur yang sehat bebas pestisida untuk keluarga mereka  dari hasil kebun sendiri di rumah.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 4 – 5 Agustus 2017 dengan bekerja sama dengan Komunitas Hidroponik Malang (HIMA). Kegiatan hari pertama berlangsung di kelas dengan metode teori dan praktek menanam secara hidroponik. Sedangkan, pada hari kedua peserta diajari cara membuat instalasi hidroponik sendiri. Untuk selanjutnya, instalasi yang sudah mereka buat ini akan diberikan kepada mereka untuk dapat digunakan menanam secara berkelompok. Harapannya bila sudah dapat menanam dengan baik, nantinya sayur yang sehat tersebut tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri tapi dapat dijual agar bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

Kegiatan yang dilakukan oleh PT.OI ini disambut baik oleh pemerintah daerah yang diwakili oleh pihak Kecamatan Lawang dan Kelurahan Kalirejo. Dalam sambutannya, Camat Lawang, Bapak Suroto menyampaikan terima kasih kepada PT.OI yang sudah memberikan pelatihan hidroponik kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan PT.OI ini sangat bermanfaat karena bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat dengan bisa mengkonsumsi sayuran sehat untuk keluarga bahkan bisa menjual dan juga dapat mengembangkannya untuk penanaman secara masal. Kegiatan ini sangat sejalan dan mendukung program pemerintah dalam mewujudkan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Harapan kami ke depannya, kita dapat mengembangkan dan menciptakan wilayah kalirejo ini sebagai kawasan kampung hidroponik.