Tanggung Jawab Sosial

Tanggung Jawab Sosial
Pemberian Makanan Tambahan untuk Pasien TB Kebal Obatdi Jakarta dan Malang
Jakarta dan Malang, 21 March 2017

Pemberian makanan Tambahan untuk Pasien TB Kebal Obat/Multi Drug Resistant TB di Jakarta dan Malang

PT. Otsuka Indonesia bekerjasama dengan Indonesia IMTC (Initiative on MDR TB Care) sebagai salah satu yayasan yang bergerak dalam upaya pengendalian Tuberkulosis menyelenggarakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan untuk pasien Tuberkulosis Kebal Obat/Multi Drug Resistant di dua Rumah Sakit Rujukan TB MDR Jakarta di RS Islam Cempaka Putih dan Malang di RS Syaiful Anwar. Kegiatan ini dalam rangka kegiatan Corporate Social Responsibility dari PT. Otsuka Indonesia dan juga sebagai rangkaian Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada bulan Maret 2017. Makanan tambahan yang diberikan berupa Proten adalah produk dari PT. Otsuka Indonesia yang merupakan asupan protein tinggi yang baik untuk penyembuhan selama masa pengobatan.

Kedua tempat yang menerima Proten dipilih karena memiliki pasien TB MDR yang cukup banyak setiap harinya. Penyaluran Proten juga melibatkan kelompok sebaya pasien TB MDR yang telah dinyatakan sembuh yaitu PETA (Pejuang Tangguh) di Jakarta dan PANTER (Pantang Menyerah) Malang. Kedua kelompok pasien tersebut yang bekerja secara sukarela untuk memberikan dukungan moril kepada pasien TB MDR agar bisa menyelesaikan periode pengobatan yang cukup lama yaitu 18 - 24 bulan. Pemberian Proten ini penting untuk mendukung penyembuhan pasien TB MDR, karena pasien yang pada fase awal mengalami penurunan berat badan. Karenanya, Proten dengan Protein dan energi tinggi sangat baik untuk memperbaiki indeks masa tubuh pasien.  Semua peserta (Rumah-rumah Sakit dan Kelompok pendukung pasien) mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan karena manfaatnya yang sangat baik untuk pasien.

Tim PROTEN Jakarta dan HO ikut berpartisipasi dalam pembagian minuman gratis dan penjelasan tentang PROTEN di Poli MDR RSI Islam Cempaka Putih.

Pemberian PROTEN kepada pasien TB MDR di RS. Syaiful Anwar Malang melalui Kelompok Sebaya TB MDR PANTER (Pantang Menyerah).

Kunjungan ke POLI MDR TB di RS. Syaiful Anwar Malang.

Pemberian edukasi terkait pentingnya nutrisi selama masa pengobatan pada anggota PANTER dan pasien MDR TB.