Info Kesehatan

AGAR KULIT WAJAH TETAP SEHAT SELAMA WFH

HO, 08 August 2020

AGAR KULIT WAJAH TETAP SEHAT SELAMA WFH

Di tengah pandemi Corona pemerintah menghimbau agar masyarakat menjaga jarak, tidak berkerumun dengan melakukan ibadah di rumah, belajar di rumah dan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).
Mengerjakan segala sesuatu di rumah termasuk bekerja seringkali membuat kita malas untuk merawat diri karena tidak harus bertemu orang lain. Hal ini akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit, seperti kulit mudah kusam, terasa kering dan permasalahan kulit lainnya.
Merawat kulit wajah agar terlihat lebih sehat selama WFH sebenarnya tidak hanya dilakukan dengan menggunakan produk-produk kecantikan melainkan juga melalui kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan.

Berikut ini adalah cara merawat kulit wajah secara alami selama WFH agar tetap sehat yang dapat diterapkan sehari-hari :

  • Rajin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah menjadi salah satu cara merawat wajah yang paling penting dan bukan hanya untuk mereka yang menggunakan kosmetik. Hal in dikarenakan pada dasarnya meski hanya berada di dalam rumah saja, namun wajah tetap terpapar debu yang membuat wajah jadi kusam. Pastikan untuk selalu menggunakan pembersih wajah dengan pH yang netral dan diformulasikan secara khusus untuk membersihkan lapisan epidermis yang merupakan bagian luar kulit dengan lembut.

  • Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Pilih pelembap wajah dan tabir surya sesuai dengan jenis kulit, kandungan bahan-bahan di dalamnya dan sebaiknya terbuat dari bahan-bahan yang alami supaya aman dan efektif dalam penggunaannya.

  • Rajin Mengkonsumsi Makanan Sehat

Rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari merupakan cara alami merawat kesehatan kulit dari dalam dan membuat wajah tampak jauh lebih sehat dan awet muda. Selain itu juga membuat kita tidak mudah jatuh sakit.

  • Rajin Olah Raga

Rajin olah raga dapat memicu produksi kolagen yang dapat membuat struktur kulit jadi lebih kencang dan mencegah penuaan dini. Untuk memulainya dapat memilih olahraga yang tidak terlalu berat dulu, seperti jalan pagi, aktivitas zumba di rumah atau melakukan gerakan yoga yang sederhana.

  • Tidur Cukup

Tidur yang cukup selama 7-8 jam per hari dapat membantu mengoptimalkan regenerasi kulit dan produksi kolagen yang menghasilkan kulit sehat dan terlihat cerah. Selain itu dengan istirahat yang cukup juga dapat mengembalikan kesehatan tubuh.

  • Konsumsi Air Putih yang Cukup

Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari dan dilakukan setiap hari secara rutin dapat menjaga kulit tetap lembap, sehat dan tidak kusam.

  • Jangan stres

Di tengah keadaan Covid-19 saat ini, orang tak hanya ditantang kondisi kesehatan fisiknya melainkan juga mental. Social distancing rentan membuat orang kesepian karena terpaksa berjauhan dengan orang-orang terkasih. Stres dan cemas bisa mengakibatkan jerawat (breakout) dan penuaan dini. Sehingga penting untuk menjaga kesehatan mental sebagai bagian dari perawatan untuk kulit. Adapun cara yang bisa diikuti seperti meditasi atau mengikuti kelas meditasi dari media sosial, memilah informasi yang masuk yang dapat dipercaya dan minum minuman yang dapat mengatasi stres seperti teh chamomile, teh peppermint atau teh hijau.

  • Hindari Menyentuh Wajah

WFH artinya kita bisa bekerja dengan wajah polos tanpa riasan kosmetik. Namun, sebaiknya kita tetap menghindari menyentuh muka. Tak hanya karena virus Corona, menyentuh muka bisa mentransfer bakteri dari tangan ke muka. Bakteri kemudian bercampur kotoran dan minyak lalu menutup pori dan akhirnya membuat munculnya jerawat.


Meski beberapa aktivitas sudah dapat dilakukan di luar rumah dengan wajib mengikuti protokol kesehatan, tapi anjuran “di rumah aja” masih dianjurkan demi menghindari pencemaran virus Corona. Dan untuk itu perawatan kulit wajah juga tetap diperlukan walaupun kita tidak pergi keluar rumah. Stay healthy, stay safe!