Tentang Kami

Tentang Kami

PT. Otsuka Indonesia didirikan pada tahun 1974 sebagai perusahaan patungan di bidang industri farmasi dengan Otsuka Pharmaceutical Co.,Ltd., Jepang. 

Dibangun diatas lahan seluas 40.000 M² di Lawang, sebuah kota kecil di Jawa Timur, Pabrik PT. Otsuka Indonesia memproduksi dan memasarkan 4 (empat) kelompok produk, yaitu:

- Produk Obat-Obat Etikal
- Produk Nutrisi Klinis dan Cairan Infus
- Produk Alat-alat Kesehatan
- Produk IV SET

Pada awal berdirinya, PT. Otsuka Indonesia mengimpor semua produk-produk tersebut dari Jepang. Namun, untuk memenuhi kebijakan Pemerintah Indonesia mengenai pentingnya memproduksi produk obat-obatan secara lokal di dalam negeri, akhirnya PT. Otsuka Indonesia memutuskan untuk memulai keseluruhan produksinya secara lokal di Indonesia.

Setelah melalui penelitian dan survei yang cermat serta mendalam, sebuah sumber mata air alam yang bersih berhasil ditemukan di kaki Gunung Arjuna, Jawa Timur, yang terbukti ideal sebagai bahan dasar untuk produk Cairan Infus.

Sebagai wujud konsistensi dalam pengembangan di bidang tehnologi dan sumber daya manusia, PT. Otsuka Indonesia telah terus-menerus melakukan pembaruan standarisasi ISO. Setelah menerima ISO 9001:2000 pada tahun 2003 untuk memenuhi permintaan pelanggan terhadap produk-produk berkualitas tinggi, PT. Otsuka Indonesia juga telah menerima ISO 14001:2004 sebagai wujud tanggung-jawab perusahaan untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Produk Cairan Infus telah berhasil menembus pasar farmasi serta memiliki reputasi terbaik di Indonesia. Sukses ini telah mendorong kita untuk melangkah lebih jauh di industri farmasi dengan memproduksi Nutrisi Klinis, Obat-Obat Etikal, Makanan Kesehatan dan Alat-alat Kesehatan. Dimana keberhasilan tersebut diikuti dengan keberhasilan kami mendapatkan sertifikasi ISO 22000 : Food Safety/HACCP untuk produk – produk Nutrisi Klinis, ISO 13485 untuk Produk Alat – alat Kesehatan, serta Sertifikasi CPOB/cGMP yaitu standarisasi Cara Pembuatan Obat yang Baik / Good Manufacturing Process.

Langkah diversifikasi bisnis yang diambil oleh PT. Otsuka Indonesia terus berkembang, tidak hanya di Indonesia saja. Tetapi kami juga telah mengembangkan sayap produksi dengan melakukan ekspor ke beberapa negara mancanegara seperti: Taiwan, Hong Kong, Singapura, Sri Lanka, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Papua Nugini, Fiji, Tonga, Samoa, Oman, Timor Leste dan juga Australia. 

Selama puluhan tahun, PT. Otsuka Indonesia telah terbukti mampu menguasai bisnis Cairan Infus. Dan untuk terus memperkuat kedudukan tersebut, kami selalu tertantang untuk terus mengembangkan produk-produk baru dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan secara berkesinambungan, sesuai dengan moto kami yaitu :

Orang-orang Otsuka Menciptakan Produk-Produk Baru
untuk Kesehatan yang Lebih Baik bagi Dunia.”

Visi

Menjadi perusahaan paling unggul dalam sumbangsihnya untuk kesehatan manusia yang lebih baik

Misi

  • Menjalankan kegiatan perusahaan dengan standar etika yang tinggi dengan kejujuran dan integritas.
  • Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan selalu menyediakan produk yang berkualitas tinggi dan andal.
  • Menyediakan informasi ilmiah yang akurat dan berharga, oleh tenaga-tenaga ahli yang terlatih, demi pemahaman yang lengkap dan benar oleh para pelanggan.
  • Menyediakan sarana berkarya untuk para karyawan dalam suasana kerja yang profesional, sejahtera dan secara individu bermartabat.
  • Berkerja dengan penuh tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan tempat berusaha.
  • Menyediakan hasil usaha dan keuntungan yang layak serta berkelanjutan kepada para pemegang saham perusahaan.

Budaya Perusahaan

  • Fokus pada pelanggan.
  • Disiplin, jujur dan integritas.
  • Mandiri dan fokus pada lingkaran pengaruh.
  • Kerjasama yang sinergi.
  • 3 K : Keterbukaan, Komunikasi & Koordinasi.
  • Kreativitas dan Aktualisasi.
  • Belajar dan Berbagi Ilmu.

Sambutan dari Presiden Direksi Kami

Kita semua yakin bahwa hanya perusahaan yang mampu memberi manfaat bagi masyarakatlah yang akan mampu bertahan dan menikmati pertumbuhan yang sehat. Kita juga yakin bahwa kita bisa menjadi perusahaan yang mampu memberi manfaat jika kita menjalankan kegiatan-kegiatan usaha kita sejalan dengan semboyan/motto, Memberikan kontribusi bagi Kesehatan Umat Manusia yang Lebih Baik.

Agar kita mampu Memberikan kontribusi bagi Kesehatan Umat Manusia yang lebih Baik", kita harus mampu memenuhi dan menyelaraskan kebutuhan-kebutuhan para pelanggan, karyawan, mitra usaha, masyarakat dan pemegang saham kita.

Untuk memelihara keselarasan di antara komponen-komponen yang kita sebutkan di atas dan mengupayakan agar semboyan/motto kita tidak hanya dijadikan sekedar formalitas belaka, kita telah melaksanakan program-program kepemimpinan yang disebut "7-Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif". Melalui program ini, kita menemukan bahwa terdapat empat kebutuhan vital di dalam diri setiap individu, yaitu :

1. Kebutuhan fisik/ekonomis ---› Untuk hidup
2. Hubungan Sosial dan Emosional ---› Untuk saling mencintai
3. Kesempatan untuk Pengembangan Pribadi ---› Untuk belajar
4. Kesempatan untuk memberikan Kontribusi ---›

Untuk meninggalkan warisan yang berharga

Apabila ke empat kebutuhan vital tersebut dan kegiatan-kegiatan usaha perusahaan berjalan menuju arah yang sama dan berada di dalam keseimbangan, maka seperti yang kita yakini, perusahaan akan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Sebagai tindak lanjut dari program tersebut di atas, kita telah pula mencanangkan "Visi", "Pernyataan Misi", dan "Pedoman untuk Pernyataan Misi".

Karena tak seorang pun sempurna, tidak satu perusahaan pun sempurna dan tidak satu komunikasi pun atau hubungan antar manusia yang sempurna, maka kita harus berupaya secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan kita masing-masing, termasuk kemampuan kita untuk berkomunikasi. Selama ini kita telah selalu menghargai setiap masukan yang kita terima mengenai kelemahan-kelemahan serta kekurangan-kekurangan kita. Kita akan terus memperbaiki kelemahan-kelemahan kita agar kita mampu "Memberikan kontribusi bagi Kesehatan Umat Manusia yang Lebih Baik".